√ 10+ Makanan Khas Bali Halal Yang Wajib Kamu Coba Ketika Liburan di Bali

By

Makanan Khas Bali Halal– Ketika sedang beribur di Bali kurang lengkap rasanya apabila belum mencicipi kuliner khas yang ada di Bali. Namun sebagai muslim kita juga perlu berhati-hati saat hendak mencicipi aneka kuliner yang ada di Bali, hal ini dikarenakan kebanyakan warung yang ada di Bali menawarkan kuliner babi, tentu hal ini kurang baik bagi kita.

Nah untuk itu, pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba berbagi beberapa daftar kuliner khas bali halal yang cocok bagi kita yang ingin mencoba kuliner khas Bali.

Nasi Tekor

kuliner khas bali
inspirasipagi.id

Nasi tekor adalah salah satu kuliner khas Bali yang unik dan masih jarang diketahui oleh para wisatawan. Nasi tekor adalah nasi yang disajikan didalam tekor atau pincuk, yakni sebuah wadah makanan tradisional yang terbuat dari daun pisang yang sudah dimanfaatkan sejak jaman dahulu.

Untuk dapat mencicipi kuliner nasi tekor ini kamu perlu datang ke Desa Budaya Kertalangu, Denpasar Timur. Disini kamu juga dapat menikmati suasana menikmati makanan di rumah tua lengkap dengan aneka pernak pernik hiasannya yang akan membawamu bernostalgia di masa kecilmui.

Selain itu pemiliki atau penjual nasi tekor ini adalah sepasang Kakek dan Nenek. Sebenernya menu yang disediakan di sini juga terbilang sederhana yakni nasi campur khas Bali dengan ditambah dengan sajian lauk lawar biu batu, serapah ayam, sambal bali, kacang goreng, ayam panggang dan juga kuah ares.

Lokasi warung tekor berada di Kawasan Desa Budaya Kertalangu, Jalan By Pass Ngurah Rai Tohpati No 28, Denpasar. Warung ini buka setiap haru dari pukul 08.00 hingga 17.00.

Nasi Ayam Kedawetan Bu Mangku

makanan khas bali halal
travelingyuk.com

Jika kamu sedang berlibur di Bali dan berada di daerah Ubud, kuliner khas Bali halal yang perlu kamu coba selanjutnya adalah Nasi Ayam Kedawetan Bu Mangku.

Dengan menikmati kuliner Nasi Ayam Kedawetan disini kamu dapat menikmati suasana tradisional pendopo rumah khas Bali dengan pekarangan yang luas.

Kuliner disini hanya menyediakan kuliner berbahan ayam saja, sesuai dengan namanya bukan. Selain itu seporsi nasi Ayam disini juga dilengkapi dengan sate lilit, telur, ayam sisit, ayam goreng, sayuran lawar dan juga sambal yang sangat pedas.

Untuk dapat menikmati Nasi Ayam Kedawetan ini kamu bisa datang ke lokasi Jalan Raya Kedawetan No. 18, Kedawetan, Ubud. Warung disini juga buka setiap hari mulai pukul 08.30 hingga pukul 19.00.

Bebek Bengil

makanan khas bali halal
water-sport-bali.com

Makanan khas Bali halal selanjutnya adalah Bebek bengil. Adalah menu crispy duck atau bebek goreng krispi yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Menurut informasi yang saya dapat dari Liburan Bali, bebek bengil yang berada di The Bay Nisa Dua ini memang pantas untuk diacungi jempol.

Bebek bengil yang berada di Nusa Dua juga memiliki suasana yang asri, disekelilingnya terdapat pepohonan dan gazebo khas Bali, selain itu kamu disini juga dapat menikmati keindahan pasir putih khas Nusa Dua.

Selain bebek goreng krispinya yang terkenal, bebek bengil juga memiliki menu yang tidak kalah lainnya yaitu nasi campur dan juga bebek sambal ijo yang pastinya nggak kalah lezatnya.

Untuk dapat mencicipi bebek goreng krispi ini kamu bisa datang langsung di ITDC Complex, Lot C-0, Pantai Nusa Dua – Kuta Selatan. Kamu bisa datang disini setiap hari pada pukul 10.00 hingga pukul 22.00.

Nasi Ayam Ibu Oki

makanan khas bali halal
travelingyuk.com

Masih di Nusa Dua, kamu dapat menemukan kuliner halal lainnya yang nggak kalah menggoda selara makan kamu nih sob. Nasi Ayam Ibu Oki, disini juga tersedia makanan nasi campur dengan aneka olahan ayam seperti ayam goreng, ayam betutu, ayam sisit, sayuran dll.

Bedanya dengan warung yang menyediakan nasi ayam yang lainnya adalah, disini kamu akan merasakan kuah pedas yang dijamin akan membuatmu bercucuran keringat tapi jadi pengen nambah lagi dan lagi.

Selain itu, nasi ayam Ibu Oki ini juga memiliki cabang di daerah Jimbaran, sepiring nasi campur disini memiliki harga mulai dari 25rb. Untuk dapat mencicipi kuline khas Bali ini kamu bisa datang ke lokasi Jalan Siligita No. 27, Nusa Dua. Buka setiap hari pada pukul 08.00 hingga pukul 21.00.

Nasi Pedas Bu Andika

makanan khas bali halal
travelingyuk.com

Nasi peda Bu Andika merupakan salah satu kuliner khas Bali yang juga menjadi kuliner legendaris, disini kamu akan mendapati sebuah warung yang sederhana sepertihalnya di Jawa dengan aneka macam variasi pilihan lauk makanan yang halal-halal.

Nah kalau kamu nanti sudah nyampe diwarung ini, jangan lupa untuk mencoba kulit ayam dan juga sambal setannya yang sangat pedes banget.

Satu porsi nasi campur disini berkisar mulai dari harga 20rban, tergantung dari pilihan lauk apa yang kamu pilih untuk santapan makananmu. Warung ini juga buka selama 24 di area Kuta.

Untuk mencicipi kuliner ini kamu perlu mengunjungi warung ini yang berlokasi di Kawasan Desa Budaya Kertalangu, Jalan By Pass Ngurah Rai Tohpati No. 28, Denpasar, Buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00.

Nasi Jinggo Tutu

makanan khas bali halal
resepnusantara.id

Pada umumnya nasi jinggo tutu adalah makanan yang berisi nasi dengan lauk ayam suwir, tempe, mi goreng dan sambel yang dikemas dengan bungkusan daun pisang. Namun berbeda dngan nasi jinggo tutu yang satu ini yang memiliki ukuran yang lebih besar. Selain itu kamu juga dapat memilih nasi jinggo tutu yang menggunkan nasi putih ataupun memilih nasi jinggo tutu yang menggunakan nasi kuning.

Kuliner nasi jinggo tutu berlokasi di Jalan Raya Kuta No. 108X, Kuta, buka setiap hari pada pukul 07.00 hingga pukul 18.00.

Bale Udang Mang Engking

garnesia.com

Tempat makan yang satu ini terkenal dengan menu udangnya yang lezat. Aneka macam olahan udang terbaik dapat kamu jumpai disini. Salah satu menu yang menjadi favorit disini adalah menu Hurang Ageung yakni varian udang yang disajikan dengan satu keranjang yang besar.

Untuk dapat mencicipi kuliner khas Bali ini, kamu bisa datang ke lokasi Jalan Nakula No. 88, Sunset Road – Kuta, buka setiap hari mulai pukul; 11.00 hingga pukul 23.00.

Ayam Betutu Men Tempeh

Ayam Betutu Men Tempeh
kintamani.id

Nah salah satu menu yang nggak boleh kamu lewatkan adalah ayam betutu men tempeh. Makanan khas Bali ini merupakan salah satu ikon makanan khas yang ada di Pulau Dewata Bali.

Disini kamu akan menjumpai hidangan yang lezat dengan bumbu rempah komplit khas Balinya yang memiliki tekstur rasanya yang pedas yang dapat membuatmu merasa ketagihan untuk terus nambah lagi.

Nah untuk dapat mencicipi kuline khas Bali ini, kamu perlu datang ke tempatnya yang berlokasi di Gilimanuk, Melaya, Jembrana, buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga pukul 21.00.

Ayam Bakar Taliwang

Ayam-Bakar-Taliwang
medium.com

Ayam bakar taliwang merupakan kuliner khas Bali yang lokasinya berdekatan dengan pulau Lombok, sehingga ketika kamu berad di daerah sini, maka tidak heran jika kamu juga akan menemukan aneka kuliner khas Lombok khususnya didaerah Denpasar.

Salah satu makanan khas yang menjadi favorit disini adalah Ayam Bakar Taliwang Baru yang berada di Jalan Teuku Umar, Denpasar. Menu wajib yang perlu kamu cobain disini adalah Ayam Bakar. Selain itu terdapat juga ayam plecing dan ayam sasak yang nggak kalah nikmat dengan ayam bakarnya.

Nah jangan lupa pula untuk memesan makanan pendamping beberuk terng dan plecing kangkung yang akan membuatmu ketagihan terus. Jika kamu tertarik untuk mencoba kuliner khas Bali ini kamu bisa datang langsung ditempat yang berlokasi di Jalan Teuku Umar No.10, Denpasar, buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 hingga pukul 23.00.

Sop Ikan Warung Mak Beng

sop ikan warung mak beng
nakita.grid.id

Nah kuliner khas Bali yang terakhir adalah Sop Ikan Warung Mak Beng, makanan ini adalah kuliner legendaris di Bali yang berdiri sejak tahun 1941 dan hingga saat ini tidak pernah sepi oleh pengunjung yang datang untuk mencoba menu andalannya yakni paket sederhana yang terdiri dari nasi putih, ikan goreng, sop ikan dan juga sambalnya yang sangat pedas yang akan menambah selera makan kamu semakin bertambah.

Disini kamu juga dapat menikmati suasana pantainya, hal dikarenakan warung Mak Beng berada persis di pinggir pantai sanur, jadi selain menikmati makanan Khas Balinya yang lezat kamu juga dapat menikmati keindahan pantai Sanur Bali yang sangat mempesona keindahannya.

Nah untuk mencicipi kuliner ini kamu bisa datang langsung ke lokasinya yang berada di Jl. Hang Tuah No. 45, Sanur, buka setiap hari pada pukul 08.00 hingga 22.00.

Nah itulah 10 daftar makanan Khas Bali yang halal yang dapat kamu coba dan cicipinya kelezatannya. Sebenernya ada banyak sekali jenis kuliner khas Bali lainnya baik yang halal ataupun yang tidak yang masih belum dapat saya bagikan disini.

Semoga info mengenai makanan khas Bali halal ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Comment