Rumput Hidup Bingung mau travelling kemana? bareng mimin aja yuk...

Makanan Khas Banjarnegara

4 min read

Makanan Khas Banjarnegara

Makanan Khas Banjarnegara – Banjarnegara adalah salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Banjarnegara terkenal dengan tempat wisatanya yang cukup ramai, mulai dari dieng, curug, taman, arum jeram dan masih banyak lagi.

Selain wisata alamnya yang indah, Banjarnegara juga terkenal dengan wisata kulinernya yang nggak kalah dengan tempat lainnya.

Nah buat kamu yang masih belum tahu kuliner khas yang ada di Banjarnegara, berikut ini sudah rumputhidup rangkum menjadi 12 macam kuliner khas yang enak dan lezat.

Soto Krandegan Khas Banjarnegara

Soto Krandegan Khas Banjarnegara
Soto Krandegan Khas Banjarnegara

Makanan khas Banjarnegara yang pertama adalah soto krandegan. Perpaduan kuah dan santan serta irisan tauge dan daging sapinya membuat menu ini cocok banget disantap di pagi hari.

Soto krandegan mirip dengan opor ayam, namun kamu akan tau perbedaannya saat telah mencicipnya. Soto ini biasanya disajikan bersama dengan ketupat yang disiram dengan kuah santan yang kental.

Untuk mencicipi makanan ini, kamu bisa langsung datang ke tempat warung yang menjualnya, yakni di Jalan Kijagapati I Nomor 33, Kutabanjarnegara, Krandegan, Kec Banjarnegara.

Combro Kalipalet Khas Banjarnegara

Combro Kalipalet Banjarnegara
Combro Kalipalet Banjarnegara

Kalau kamu masih belum puas dengan soto krandegan, kamu bisa nih cobain combro kalipalet. Makanan ini juga dapat kamu makan bersama dengan soto krandegan.

Combro kalipalet adalah makanan khas yang terbuat dari bahan dasar singkong, dan memiliki rasa enak banget apalagi jika dipadukan dengan cabe rawit dan teh manis.

Perpaduan keduanya menghasilkan kuliner pedas khas Banjarnegara yang patut diajungi jempol. Meskipun memiliki penampilan yang terlihat keras, namun ketika kamu menggigitnya kamu akan merasakan tekstur yang gurih dan renyah.

Bakso Ketupat Khas Banjarnegara

Bakso Ketupat Khas Banjarnegara
Bakso Ketupat Khas Banjarnegara

Salah satu makanan yang populer di Banjarnegara adalah bakso ketupat. Disebut dengan bakso ketupat karena bakso ini dihidangkan bersama dengan potongan ketupat yang bakalan bikin kamu kenyang saat memakannya.

Bakso ketupat menjadi terkenal dan banyak dinikmati oleh masyarakat Banjarnegara. Kaldu sapi yang ada pada bakso ini akan mampu membangkitkan selera makan kamu.

Ditambah rasa khas dari bakso ini pasti saat sekali mencoba makanan ini kamu pasti gak bakalan bisa move on untuk mencoba kuliner lainnya. Hmm penasarankan dengan rasanya?

Kalau kamu pengen nyobain bakso ini kamu bisa datang langsung di belakang Polres Banjarnegara, harganya pun cukup terjangkau, yakni berkisar mulai dari 10.000 rupiah saja setiap porsinya.

Jangan lewatkan pula makanan khas Ciamis yang nggak kalah enaknya juga ya..

Es Dawet Ayu Khas Banjarnegara

Es Dawet Ayu Banjarnegara
Es Dawet Ayu Banjarnegara

Siang-siang yang panas akan cocok banget menikmati minuman seger yang satu ini, namanya adalah es dawet ayu khas Banjarnegara. Es dawet ayu ini selain seger, harganya juga sangat terjangkau, yakni mulai dari harga 3000 hingga 5000 saja.

Es dawet ayu memiliki rasa manis yang dihasilkan dari gula Jawa. Es ini sangat populer di daerah Banjarnegara sehingga kamu dapat menemukannya dengan mudah disana.

Saung Bu Mansyur

Saung Bu Mansur Banjarnegara
Saung Bu Mansur Banjarnegara

Saung Bu Mansyur merupakan salah satu tempat wisata kuliner yang ada di Banjarnegara, tepatnya berada di Jalan Kedasih No 55 Tretek, Parakancanggah – Banjarnegara.

Tempat ini masih begitu alami, karena berada di daerah persawahan dengan saung dan juga kolam ikan.

Di sini ada banyak menu makanan khas tradisional, mulai dari kangkung dan goreng ikan, biasanya menu disini akan disajikan dengan sambel yang semakin menambah kenikmatan rasa masakannya.

Rumah Kopi Banjarnegara

Rumah Kopi 2 Banjarnegara
Rumah Kopi 2 Banjarnegara

Selain saung Bu Mansyur salah satu tempat kuliner yang selanjutnya adalah di rumah kopi Banjarnegara.

Rumah kopi ini berada di Jalan Dipayuda 2A Banjarnegara tepatnya di tengah-tengah kota Banjarnegara.

Rumah kopi disini didesain dengan ornamen berwarna hitam putih yang menghiasai interior kedanya. Sehingga membuat suasana yang pas banget untuk bersantai dengan setengguk kopi hangat.

Disini tersedia minuman kopi organik khas Banjarnegara, menurut pemiliknya, kopi khas Banjarnegara ini memiliki kualitas yang nggak kalah nikmatnya dengan kopi yang ada di tempat lainnya.

Sebagai pecinta kopi, mungkin kamu perlu mencoba kopi khas Banjarnegara yang dijual disini.

Buntil Banjarnegara

Buntil Banjarnegara
Buntil Banjarnegara

Buntil merupakan makanan khas Banjarnegara yang cukup populer di Banjarnegara, makanan ini cocok banget buat kamu yang suka kuliner pedas dan gurih.

Buntil Banjarnegara terbuat daru daun singkong dengan santen kelapa. Makanan ini cocok banget disantap dengan menggunakan nasi hangat dan ikan teri.

Untuk mencicipi kelezatan makanan ini kamu bisa menemukannya dengan mudah di setiap daerah yang ada di Banjarnegara ataupun di tempat lainnya yang ada di Jawa Tengah.

Mendoan Khas Banjarnegara

Mendoan Banjarnegara
Mendoan Banjarnegara

Mendoan merupakan makanan khas Banjarnegara selanjutnya yang terbuat dari tempe yang dibalut dengan tepung yang telah dicampur dengan irisan daun bawang, sehingga menambah cita rasa yang gurih.

Meskipun tergolong jenis makanan yang sederhana, mendoan ini menjadi salah satu kuliner yang banyak diminati oleh masyarakat Banjarnegara sebagai lauk dalam makanan.

Sebenarnya selain di Banjarnegara makanan khas yang disebut dengan mendoan ini bisa kita jumpai di daerah lainnya, terutama didaerah Jawa.

Mie Ongklok Khas Banjarnegara

Mie Ongklok Banjarnegara
Mie Ongklok Banjarnegara

Mie ongklok biasanya disajikan dengan menu pelengkap seperti sate yang memiliki kuah pedas. Makanan ini cocok banget dinikmati saat malam hari, sebagai menu penutup makanan malam.

Menikmati mie ongklok tentu berbeda dengan menikmati mie pada umumnya, karena mie ini biasanya diracik dengan cara yang anti mainstream yakni di kocok denga menggunakan bumbu khusus. Sehingga tak heran jika memiliki harga yang cukup mahal.

Didalam sajian mie ini juga terdapat daging sapi atau daging ayam, ebi, sawi dan juga sayur kol, sehingga perpaduannya tersebut membuatnya kaya akan cita rasa yang khas.

Kalau kamu ingin mencicipi mie ongklok ini kamu dapat menemukannya di daerah Semampir, Kecamatan Banjarnegara. Tepatnya berada di warung mie ongklok Pak Tugi.

Jenang Salak Khas Banjarnegara

Jenang Salak Banjarnegara
Jenang Salak Banjarnegara

Buah salak di Banjarnegara memang cukup terkenal, sehingga beberapa makanan khasnya pun menggunakan bahan dasar buah salak, salah satu contohnya adalah jenang salak ini.

Jenang salak ini memiliki cita rasa yang manis yang dihasilkan dari jenis salak pondoh. Untuk mendapatkan makanan ini kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di pusat toko oleh-oleh khas banjarnegara.

Sirup Salak Khas Banjarnegara

Sirup Salak Banjarnegara
Sirup Salak Banjarnegara

Selain dijadikan sebagai olahan jenang, di Banjarnegara salak juga banyak dijadikan sebagai olahan minuman, salah satunya adalah sirup salak.

Sirup salak khas Banjarnegara ini banyak dijual karena memiliki rasa yang manis dan menyegarkan, dan uniknya lagi sirup salak ini hanya dapat kamu temui di Banjarnegara saja.

Sirup salak ini dapat dengan mudah kamu dapatkan di toko oleh-oleh di Banjarnegara, harganya sangat terjangkau, yakni berkisar mulai dari 10 ribuan per botolnya.

Kerupuk Salak dan Kentang Dieng

Selain diolah menjadi sirup dan jenang, ternyata di Banjarnegara salak juga disulap menjadi cemilan khas Indonesia yang bernama kerupuk.

Kita tahu kerupuk merupakan salah satu lauk yang wajib ada bagi masyarakat Indonesia. Pada umumnya kerupuk memiliki cita rasa yang gurih karena terbuat dari bahan ikan ataupun udang.

Namun bagaimana jika kerupuk tersebut terbuat dari buah salak? Hmm pasti kamu penasaran kan? Makanya kalau kamu penasaran dengan kerupuk ini, jangan lupa mencicipinya saat kamu berada di Banjarnegara ya.

Selain kerupuk yang terbuat dari salak di Banjarnegara juga terdapat kerupuk kentang.

Kerupuk kentang khas Banjarnegara ini memiliki kualitas yang sangat bagus. Biasanya kerupuk kentang ini memiliki dua variasi yakni kerupuk kentang putih dan kuning.

Keduanya memiliki rasa yang unik dan enak banget saat di gigit. Teksturnya yang krenyes membuat kerupuk ini banyak diminati oleh para pecinta kuliner dan juga masyarakat Banjarnegara.

Kalau kamu penasaran dengan kerupuk ini, kamu dapat dengan mudah mendapatkannya di toko pusat oleh-oleh khas Banjarnegara.

Hmm cukup unik-unik juga ya kuliner khas yang ada di Banjarnegara ini? Bagaimana kamu sudah puas dengan artikel ini? Kalau masih belum puas kamu bisa langsung pergi ke Banjarnegara untuk mengetahuinya secara langsung.

Jadi itulah 12 daftar makanan khas yang ada di Banjarnegara, terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat ya sobt!!.

Rumput Hidup Bingung mau travelling kemana? bareng mimin aja yuk...

Makanan Khas Magetan

Rumput Hidup
4 min read

Makanan Khas Depok

Rumput Hidup
2 min read

Makanan Khas Brebes

Rumput Hidup
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *