Rumput Hidup Bingung mau travelling kemana? bareng mimin aja yuk...

Makanan Khas Brebes

3 min read

Makanan Khas Brebes

Makanan khas Brebes – Apasih yang menjadi tujuan sobat rumput hidup ketika berkunjung atau berlibur di suatu tempat? Jalan-jalan, berwisata bareng keluarga? atau hal lainnya!

Mungkin sebagai dari kita memutuskan singgah atau berkunjung ke suatu tempat hanyalah untuk bersenang-senang menikmati wisata alam yang indah dan mempesona.

Akan tetapi selain menikmati wisata alam dan berlibur tidak cukup lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas yang ada di tempat yang kita kunjungi tersebut.

Dan tahukah sobat, jika sobat sedang berkunjung di kota Brebes sobat bisa menjumpai aneka makanan khas yang sangat menggoda dan mampu menggoyang lidah sobat. Apa sajakah makanan khas Brebes tersebut?

Berikut rumputhidup.com telah merangkumnya menjadi 9 daftar makanan khas yang ada di Brebes :

Sate Blengong Khas Brebes

sate blengong khas Brebes

Sate blengong merupakan sate yang dibuat dari bahan dasar itik. Daging itik tersebut di iris berbentuk sate lalu ditumis dengan campuran bumbu yang sudah disiapkan.

Setelah ditumis sate blengong tersebut kemudian dimasak dengan santan agar memiliki cita rasa yang gurih dan sedap. Makanan ini menjadi salah satu kuliner favorit yang banyak diburu oleh pecinta kuliner.

Untuk dapat mencicipi makanan ini, sobat rumputhidup bisa mendapatkannya di daerah sekitar alun-alun kota Brebes. Meskipun disebut dengan sate, namun makanan ini dimasak dengan cara ditumis bukan dibakar.

Telur Asin Khas Brebes

Telur Asin Khas Brebes

Tidak heran jika telur asin menjadi salah satu makanan khas daerah Brebes. Karena kota Brebes memang merupakan salah satu penghasil telur asin terbesar di Negeri ini.

Jadi jika sobat sedang berlibur atau kebetulan sedang ada di Brebes, maka sobat akan dengan mudah menjumpai telur asin ini. Kita tahu bahwasanya telur asin merupakan salah satu makanan yang berkualitas.

Selain itu kandungan protein pada telur juga cukup banyak sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi. Nah bagi sobat yang ingin mencicipi makanan khas ini, akan lebih mantap jika dimakan bersama dengan nasi yang masih anget.

Selain rasanya yang enak, kamu juga dapat menjadikan telur asin ini sebagai oleh-oleh loh. Takaran garam yang sesuai pada pembuatan telur asin ini mampu menonaktifkan enzim perombak, sehingga tahan berlama-lama. Cocok banget untuk kamu bawa pulang.

Nasi Lengko Khas Brebes

nasi lengko Brebes

Nasi lengko adalah makanan khas Brebes yang merupakan sajian nasi hangat yang dilengkapi dengan lauk pauk seperti tahu goreng, tempe goreng, tauge dan juga mentimun disajikan diatas nasi hangat, kemudian lauk pauk tersebut disiram dengan sambal kacang.

Campuran lauk pauk dan juga olahan sambel kacangnya yang khas membuat nasi ini memiliki rasa yang lezat dan gurih.

Kupat Glabed Khas Brebes

kupat glabed khas brebes

Jika sobat sedang berada di daerah Masjid Agung Brebes mungkin sobat dapat mencicipi makanan khas ini. Kupat glebed adalah makanan khas Brebes yang berbentuk kupat yang telah dipotong-potong lalu dicampur dengan sayur pepaya lengkap dengan santannya.

Biasanya kupat glebed menjadi teman sarapan pagi untuk mengganjal perut yang sudah lapar. Selain disajikan dengan sayur pepaya, biasanya kupat glebed juga dapat dinikmati dengan sate blengong.

Kerupuk Tulang Bandeng

Kerupuk Tulang Bandeng

Kerupuk memang sudah menjadi makanan wajib bagi warna negara +62 ini, rasanya kurang lengkap jika menikmati makanan namun tidak ada kerupuknya, apalagi jika sedang menikmati nasi goreng, hmm pasti akan terasa ada yang kurang.

Nah salah satu kerupuk khas brebes yang tidak kalah enaknya dengan kerupuk yang ada di tempat lain adalah kerupuk tulang bandeng.

Kerupuk ini memang terbuat dari olahan tulang bandeng, sehingga memiliki sebutan nama yang sedemikian rupa dengan bahannya. Sobat pasti penasaran kan dengan rasa yang dimiliki krupuk ini? yuk ke Brebes dan cobain kerupuk khas Brebes yang satu ini.

Kerupuk Rumput Laut

Kerupuk rumput laut

Kerupuk khas Brebes yang nggak kalah unik dengan kerupuk tulang bandeng adalah kerupuk rumput laut. Kerupuk ini memang terbuat dari olahan rumput laut.

Budidaya rumput laut di Kota Brebes memang cukup melimpah, biasanya rumput laut yang telah dipanen tersebut akan diolah lebih lanjut menjadi tepung.

Kemudian hasil olahan rumput laut yang telah menjadi tepung tersebut diolah kembali menjadi makanan khas yang gurih dan lezat yang disebut dengan kerupuk rumput laut.

Kerupuk rumput laut ini juga memiliki varian rasa, seperti keju, kerang dan juga bandeng presto. Bukan hanya enak, namun kerupuk ini juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi siapa saja yang mengkonsumsinya.

Crispy Ikan Serinding

Ikan seriding Brebes

Ikan serinding adalah jenis ikan yang banyak terdapat di perairan Brebes. Selain memiliki sebutan ikan serinding, ikan ini juga memiliki sebutan ikan tongkai, ikan kaca dan yang lainnya.

Ukuran ikan serinding sangat kecil serta memiliki warna perak dan transparan. Biasanya ikan ini banyak diolah menjadi makanan khas berupa keripik yang digoreng dengan bumbu khas sampai memiliki tekstur yang gurih.

Keripik ikan serinding ini cocok banget untuk menjadi cemilan saat santay ataupun menjadi lauk makanan, karena memiliki cita rasa yang enak dan gurih.

Sate Kambing Muda

sate kambing muda Brebes

Sebagai orang Indonesia pasti kita tau dong dengan sate kambing? anggaplah demikian.

Mungkin selama ini kita hanya mengenal yang namanya sate kambing madura ataupun sate kambing lainnya. Namun tahukah sobat, bahwasanya sate kambing khas Brebes ini berbeda dengan sate kambing yang ada ditempat lainnya.

Kenikmatan yang diberikan dari sajian sate kambing muda khas Brebes ini sangat mantab pokoknya. Hmm jadi ngiler kalau mengingat-ngingatnya. Pokoknya sobat rumput hidup wajib nyobain sate kambing ini jika sedang ada di kota Brebes.

Kepiting Soka Khas Brebes

Kepiting Soka Brebes

Mungkin masih segelintir orang yang tahu bahwa ada makanan khas Brebes yang terbuat dari bahan dasar kepiting soka. Kita tahu kepiting soka merupakan jenis kepiting yang memiliki cangkang yang lunak.

Untuk sobat yang penasaran dengan kuliner khas Brebes yang satu ini bisa datang dan menikmati langsung kelezatannya di Warung Makan Cemara Bondan.

Disini tempatnya cukup sederhana, namun sobat jangan remehkan tempatnya yang sederhana ya, meskipun sederhana olahan masakan kepitingnya disini dijamin the best.

Olahan bumbunya pas banget, sehingga membuat rasa kepiting soka khas Brebes ini menjadi olahan makanan yang sangat langka, hehe.

Nah itulah ke 9 daftar kuliner khas yang dapat dijumpai di kota Brebes, jangan lupa share pengalaman sobat menikmati lezatnya makanan khas yang ada di Brebes ini ya.

Jangan lewatkan juga kelezatan makanan khas Kupang ya sobt! Terima kasih semoga bermanfaat..

Rumput Hidup Bingung mau travelling kemana? bareng mimin aja yuk...

Makanan Khas Magetan

Rumput Hidup
4 min read

Makanan Khas Depok

Rumput Hidup
2 min read

Makanan Khas Kupang

Rumput Hidup
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *