Rumput Hidup Bingung mau travelling kemana? bareng mimin aja yuk...

Makanan Khas Ciamis

4 min read

Makanan Khas Ciamis

Makanan Khas Ciamis – Hai sobat rumputhidup.com, tau nggak sih kalau Ciamis adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat.

Ciamis memiliki daya tarik tempat wisata yang cukup terkenal dikalangan para wisatawan. Selain terkenal dengan tempat wisatanya yang indah, Ciamis juga terkenal dengan wisata kulinernya yang lezat.

Apa sajakah kuliner khas yang ada di Ciamis yang harus kamu cobain? Berikut rumputhidup.com sudah merangkumnya menjadi 10 daftar makanan khas Ciamis yang enak dan lezat, dijamis pasti menggugah selera makan kamu.

Galendo

Galendo Khas Ciamis
Galendo Khas Ciamis

Galendo adalah makanan khas Ciamis yang memiliki cita rasa yang khas, makanan ini banyak dijadikan sebagai makanan untuk oleh-oleh khas Ciamis.

Galendo adalah makanan yang disajikan dengan cita rasa manis dan gurih, hal ini dikarenakan bahan dasarnya terbuat dari sari pati kelapa yang mengalami proses pengendapan.

Setelah mengendap, maka akan menghasilkan minyak dan endapan, lalu endapan tersebut dikeringkan sampai menjadi serbuk yang kemudian dijadikan galendo.

Setelah bahan tersebut diolah menjadi galendo, biasanya nanti akan ditambahkan bahan yang bervariasi agar nampak lebih enak dan menarik para pecinta kuliner.

Beberapa variasi rasa juga tersedia, diantaranya rasa original, rasa susu, rasa cokelat dan rasa yang lainnya yang nggak kalah enaknya juga.

Untuk menikmati makanan khas Ciamis yang satu ini, sobat rumputhidup harus menyiapkan uang sekitar 50rb hingga 100rb per kilo-nya.

Jangan lewatkan pula makanan khas Blora yang enak dan lezat untuk kamu cobain juga ya!!

Pindang Gunung

Pindang Gunung Khas Ciamis
Pindang Gunung Khas Ciamis

Pindang gunung merupakan makanan khas Ciamis yang selanjutnya, makanan dengan hidangan yang segar ini terbuat dari bahan utamanya yakni ikan.

Pindang gunung memiliki cita rasa yang asam dan pedas, sehingga termasuk dalam makanan yang seger.

Disebut dengan pindang gunung karena jenis ikan yang dipakai untuk olahanannya adalah ikan kakap, tongkol, mangmung dan ikan lainnya.

Cara pembuatannya yakni ikan yang telah disiapkan dipotong dengan ukuran kecil-kecil lalu dimasukkan kedalam panci yang telah di beri air yang sudah dibumbui dengan beberapa bahan seperti kemiri, jahe, cabe merah, terasi, garam dan lain-lainnya.

Di Ciamis kuliner khas yang satu ini cukup popuer, sehingga kamu dapat menemukannya dengan mudah di sana, mulai dari warung-warung, kedai kopi hingga di restoran pun sudah tersedia.

Mie Golosor

Mie Golosor Ciamis
Mie Golosor Ciamis

Mie golosor ini termasuk jenis kuliner yang unik, kita bisa melihatnya dari nama yang dimilikinya sudah unik hehe.

Disebut mie golosor karena mie yang dihidangkannya mudah di seruput, dan terkesan licin saat dimakan.

Mie golosor sebenarnya nggak hanya ada di Ciamis, namun kamu juga dapat menuinya di daerah Bogor ataupun di Tasikmalaya.

Mie golosor sendiri adalah mie kuning yang memiliki ukuran yang cukup besar jika dibandingkan dengan ukuran mie pada umumnya, mie ini juga terbuat dari bahan dasar tepung kanji sehingga memiliki cita rasa yang licin.

Mie ini juga dapat disajikan dengan digoreng ataupun dengan sajian kuah yang lezat. Akan tetapi didaerah Ciamis sendiri mie ini banyak disajikan dengan olahan mie bakso.

Kalau kamu pecinta kuliner kamu pastinya pengen nyobain nih makanan. Rasanya sangat lezat apalagi terdapat potongan toping daging dan bakso dengan kuahnya yang hangat pas banget dinikmati saat suasana dingin dimalam hari.

Sale Pisang

Sale Pisang Ciamis
Sale Pisang Ciamis

Sale pisang adalah makanan khas Ciamis selanjutnya, makanan ini berbentuk keripik panjang yang terbuat dari buah pisang.

Pembuatan sale pisang ini terletak di daerah Padaherang, Banjarsari, selain di tempat tersebut sale pisang juga diproduksi dibeberapa tempat lainnya di daerah Ciamis.

Sale pisang ini menjadi cukup terkenal, saking terkenalnya bahkan pada tahun 2009 makanan ini mampu tembus menjadi salah satu produk kualitas ekspor yang banyak dipesan dari luar Indonesia.

Sehingga membuat sale pisang ini banyak dicari untuk dinikmati, baik oleh para wisatawan pecinta kuliner maupun oleh masyarakat lokal asli Ciamis.

Abon Sapi

Abon Sapi Ciamis
Abon Sapi Ciamis

Abon sapi adalah makanan khas Ciamis yang terbuat dari bahan dasar daging sapi yang dipotong kecil atau suwir-suwir lalu dicampur dengan olahan bumbu rempah-rempah untuk menambah cita rasa lezatnya.

Ciri khas dari abon sapi yang ada di Ciamis adalah teksturnya yang lembut dan memiliki cita rasa bumbu yang lebih terasa. Biasanya abon sapi ini menjadi salah satu lauk favorit masyarakat Ciamis.

Kita tahu bahwasanya abon adalah salah satu lauk yang mampu bertahan lama, jadi kamu dapat menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh khas Ciamis, agar keluarga kamu di rumah juga bisa merasakannya.

Dendeng Sapi

Dendeng Sapi Khas Ciamis
Dendeng Sapi Khas Ciamis

Makanan khas Cimis yang terbuat dari olahan daging sapi selanjutnya adalah dendeng sapi.

Biasanya dendeng sapi merupakan makanan khas yang biasa dihidangkan ketika ada acara khusus, misalanya seperti selamatan atau tasyakuran.

Dendeng sapi terbuat dari daging sapi yang dibentuk berupa irisan kotak-kotak tipis yang dibumbui dengan rempah-rempah lalu dikeringkan.

Dendeng sapi yang dikeringkan ini biasanya mampu bertahan hingga waktu yang cukup lama.

Selain dikeringkan, biasanya dendeng sapi juga diolah dengan banyak cara misalnya digoreng ataupun dibakar. Dendeng sapi tersebut juga masih dapat dipotong-potong lebih kecil lagi untuk dijadikan olahan masakan lainnya.

Makanan ini cocok sekali dihidangkan bersama dengan nasi yang masih anget.

Karena dendeng sapi khas Ciamis ini mampu bertahan lama, kamu bisa membelinya sebagai oleh-oleh khas Ciamis untuk keluarga kamu dirumah.

Gula Kelapa

Gula Kelapa Khas Ciamis
Gula Kelapa Khas Ciamis

Gula kelapa merupakan salah satu oleh-oleh khas Ciamis selanjutnya. Gula ini dapat kamu makan secara langsung, namun akan lebih nikmat jika dipadukan dengan makanan lainnya.

Gula kelapa ini adalah gula yang diolah dan dihasilkan dari kelapa jenis apa saja, serta dapat diolah mulai dari kelapa yang masih muda hingga kelapa yang sudah tua.

Namun setiap jenis kelapa yang digunakan, pastinya nanti akan memiliki cita rasa yang berbeda pula. Kita tahu gula kelapa dapat kita temui bukan hanya di Ciamis saja, namun dapat dengan mudah kita temukan di seluruh tanah Indonesia.

Di Ciamis sendiri, gula aren di produksi dengan cara tradisional, sehingga cita rasa khasnya masih begitu kental.

Gula Aren

Gula Aren Ciamis
Gula Aren Ciamis

Gula aren biasanya memiliki bentuk bulatan coklat dengan rasanya yang manis sehingga banyak dimanfaatkan sebagai bahan tambahan untuk memasak.

Berbeda dengan gula kelapa yang terbuat dari buah kelapa, gula aren adalah gula yang terbuat dari air nira yang disadap dari pohon aren, kemudian dimasak hingga berbentuk bubur gula.

Air nira yang sudah berbentuk bubur gula kemudian di cetak dengan memakai batok kelapa. Sama halnya dengan gula kelapa, gula aren ini juga masih di olah menggunakan cara tradisional.

Sehingga ciri khas dan cita rasanya masih sangat alami dan cocok banget dijadikan bingkisan yang menarik.

Aneka Kerupuk

Kerupuk Ciamis
Kerupuk Ciamis

Kerupuk merupakan salah satu makanan khas yang sudah sangat populer di Indonesia, bahkan saat makan tanpa ditemani lauk ini kurang pas rasanya, apalagi saat menikmati nasi goreng.

Salah satu kerupuk yang memiliki cita rasa yang renyah dan kriuk adalah kerupuk khas Ciamis. Pusat produksinya terletak di daerah Cikoneng.

Disini kerupuk diproduksi dengan berbagai jenis, kalau kamu pecinta kuliner yang suka dengan kerupuk, mungkin kerupuk ini bisa menjadi salah satu kerupuk yang harus kamu cobain.

Surabi

Surabi Ciamis
Surabi Ciamis

Surabi disebut juga dengan serabi, makanan ini adalah makanan khas Jawa Barat yang sangat populer karena rasanya yang enak dan khas.

Makanan ini merupakan salah satu kuliner tradisional yang dapat dengan mudah kamu temui diberbagai tempat di Ciamis.

Pada mulanya surabi adalah kuliner khas yang dihidangkan dengan cita rasa yang manis karena menggunakan bahan gula aren, serta rasa asin yang dihasilkan dari bahan oncum.

Akan tetapi seiring berkembangnya kuliner di Ciamis, kini surabi sudah memiliki berbagai macam varian rasa, misalnya seperti rasa durian, keju, serabi abon, dan juga serabi sosis.

Kalau kamu sedang berada di Ciamis, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas ini ya, jangan lupa pula cobain semua varian rasanya, hehe.

Nah itulah beberapa macam kuliner khas yang ada di Ciamis, jangan lupa untuk cobain ya, nanti bagikan pengalaman kamu mencicipi kelezatan kuliner khas Ciamis di rumputhidup, terima kasih semoga bermanfaat ya..

Rumput Hidup Bingung mau travelling kemana? bareng mimin aja yuk...

Makanan Khas Magetan

Rumput Hidup
4 min read

Makanan Khas Depok

Rumput Hidup
2 min read

Makanan Khas Brebes

Rumput Hidup
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *