Rumput Hidup Bingung mau travelling kemana? bareng mimin aja yuk...

Makanan Khas Flores

3 min read

Makanan Khas Flores

Makanan Khas Flores – Flores merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki kekayaan wisata dan juga budaya yang berlimpah.

Selain kekayaan alam dan budayanya, didalamnya flores juga menyimpan aneka kuliner khas yang mampu menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Baik yang yang dari dalam maupun wisatawan dari luar negeri.

Apa sajakah kuliner khas Flores tersebut? berikut ini rumputhidup.com telah merangkumnya.

Makanan Khas Flores – Rumpu Rampe

rumpu rampe, makanan khas Flores
Rumpu Rampe Khas NTT

Rumpu rampe adalah makanan khas Flores yang pertama, makanan ini terbuat dari bahan dasar bunga pepaya.

Bunga pepaya tersebut diolah dengan ditumis dengan beberapa bahan lainnya, misalnya seperti daun pisang, jambu biji, ubi dan juga bumbu rempah-rempah lainnya.

Pada racikan bumbu masakan ini juga ditambahkan terasi goreng dan cabai untuk menambah kelezatan cita rasa yang dimilikinya.

Sehingga dengan campuran terasi dan cabai pada tumisan masakan ini membuatnya memiliki rasa yang pedas dan nikmat.

Rumpu rampe dapat kamu nikmati secara langsung, atau jika ingin lebih enak, kamu bisa menikmatinya bersama dengan sajian ikan bakar yang gurih.

Tapa Kolo

tapa kolo
Tapa Kolo

Tapa kolo merupakan makanan khas daerah Flores yang memiliki tampilan seperti halnya lemang yang dapat kita jumpai di daerah lainnya di Indonesia.

Kolo sendiri adalah sajian nasi yang dimasukkan kedalam rongga bambu yang sudah dipotong-potong, lalu dibakar diatas bara api yang pas, tidak terlalu membara dan tidak terlalu meredup.

Ada yang unik dari cara pengolahan makanan ini, yakni sebelum beras dimasukkan kedalam bambu-bambu tersebut, maka akan diadakan ritual terlebih dahulu yang akan di pimpin oleh ketua adat yang ada dikampung setempat.

Ritual yang dilakukan yakni berupa menyirami biji beras ke tanah. Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk simbol pemberian makanan terhadap alam dan juga para leluhur.

Kolo atau Tapa Kolo pada umumnya disantap dengan kuah ayam atau kuah babi. Kuah yang digunakan pada makanan ini ditujukan agar tekstur nasinya menjadi lebih empuk.

Makanan Khas Flores – Muku Loto

muku loto, makanan khas Flores
Muku Loto

Muku loto merupakan makanan khas Flores selanjutnya, makanan ini terbilang cukup unik.

Keunikan tersebut terletak pada bagian bahannya yang terbuat dari pisang muda yang telah dikupas bagian kulitnya lalu dipotong dengan ukurang yang kecil-kecil lalu direbus.

Setelah itu muku loto akan diberi bumbu dan juga campuran daging. Biasanya daging yang digunakan adalah daging babi, walaupun terkadang adapula yang menggunakan daging sapi ataupun kerbau.

Makanan ini merupakan makanan khas yang ada di Flores secara turun-temurun. Selain itu biasanya makanan ini juga biasa disajikan saat ada acara khusus seperti perkawinan ataupun pesta adat, terutama di Nagakeo.

Jangan lupa untuk mengintip juga kelezatan daging rusa bakar yang ada di makanan khas Bima ya sobat..

Kena Kita

Kena Kita
Kena Kita

Kena kita merupakan kuliner khas Flores yang sering dijadikan sebagai menu pengganti nasi oleh penduduk masyarakat Flores.

Nama lain dari kena kita ini disebut dengan bubur rokatenda yang terbuat dari kacang merah, ubi-ubian, parutan kelapa, garam dan juga santan.

Makanan ini dapat dengan mudah di jumpai di Flores, salah satunya adalah di Kabupaten Sikka.

Makanan Khas Flores – Ubi Nuabosi

Ubi Nuabosi
Ubi Nuabosi

Ubi Nuabosi adalah makanan khas Flores yang tidak biasa. Terbuat dari ubi nuabosi yang banyak tumbuh subur di daerah Ndetundora, Ende dan Flores.

Ciri-ciri ubi yang digunakan memiliki bentuk yang besar dan juga memiliki aroma yang sangat wangi.

Ubi ini memang bukan asli dari tanah Flores namun berasal dari Brazil yang dibawa oleh orang Portugis ke tanah Flores.

Ubi jenis ini juga cocok jika direbus, digoreng, ataupun dibakar. Pokoknya diapain aja pasti rasanya tetap enak deh.

Jawada

Kue Jawada
Kue Jawada

Jawada juga biasa disebut dengan kue rambut. Makanan khas Flores yang satu ini memang memiliki bentuk yang bergelombang seperti halnya rambut manusia.

Makanan ini memiliki warna kecoklatan dan juga aroma harumnya yang khas.

Bahan utama jawada adalah tepung beras, santen, air nira, gula aren, garam dan juga minyak. Saat semua bahan telah dicampur dibentuklah menyerupai rambut ikal.

Jawada dapat kamu santap langsung atau kamu dapat membawanya pulang sebagai oleh-oleh khas Flores, karena kue ini mampu bertahan hingga waktu yang cukup lama terutama jika disimpan di dalam wadah toples, pasti akan lebih awet.

Makanan Khas Flores – Se’i

Makanan Khas Flores
Se’i

Se’i merupakan makanan khas Flores yang berbahan dasar daging sapi ataupun babi yang diasap dengan menggunakan asap kayu bakar.

Meskipun di beberapa tempat lain se’i berbahan dasar daging ikan. Makanan ini dapat disantap secara langsung setelah daging yang digunakan diasapi.

Namun kamu juga dapat mengolahnya lagi sesuai dengan yang kamu inginkan, misalnya dengan di goreng ataupun di tumis dengan aneka sayuran lainnya yang kamu sukai.

Jagung Bose

Jagung Bose
Jagung Bose

Jagung bose adalah makanan khas Flores selajutnya yang merupakan makanan sejenis bubur yang terbuat dari jagung.

Jagung yang menjadi bahan dasarnya akan diolah dengan santan, kacang merah dan juga kacang tanah.

Biasanya makanan ini biasa dinikmati dengan beberapa lauk seperti ikan bakar ataupun menggunakan Se’i.

Di Flores jagung bose ini biasa disantap sebagai menu sarapan pagi ataupun sebagai menu makan malam. Makanan ini juga menjadi salah satu makanan khas NTT Nusa Tenggara Timur.

Makanan Khas Flores – Jagung Titi

jagung titi
Jagung Titi

Seperti halnya jagung bose, makanan khas yang disebut dengan jagung titi ini juga terbuat dari bahan dasar jagung.

Jika jagung bose berbentuk bubur maka jagung titi ini adalah makanan yang cara pengolahannya di titi atau ditumbuk dengan menggunkan alat tumbuh yang memiliki ukuran segenggam batu.

Namun sebelum dititi atau ditumbuk, terlebih dahulu jagung akan di goreng hingga setengah matang, sehingga baru bisa dititi.

Selain menjadi menu makanan, jagung titi ini dapat juga dijadikan sebagai makanan oleh-oleh khas Flores. Biasanya banyak sekali wisatawan lokal maupun mancanegara yang menyukai makanan ini.

Jagung Catemak

Jagung Catemak
Jagung Catemak

Makanan khas Flores yang terbuat dari bahan dasar jagung selanjutnya adalah jagung catemak.

Jagung catemak adalah olahan jagung yang memiliki kuah yang disajikan dengan beberapa bahan pelengkap seperti kacang tanah dan juga kacang hijau.

Supaya rasanya semakin lezat, biasanya akan ditambah dengan rempah-rempah dan juga perasan air jeruk nipis.

Jagung catemak sendiri memiliki cita rasa yang asin dan juga segar karena olahannya kaya akan rempah-rempah. Biasanya makanan ini jadikan sebagai menu santapan sehari-hari.

Nah itulah beberapa daftar makanan khas yang berasal dari Flores, bagi kamu yang sedang berlibur di Flores jangan lewatkan ya aneka kuliner disana.

Mungkin itu saja, jangan lupa untuk terus pantengin website rumputhidup.com ini ya, biar kamu dapat update terus setiap hari tentang kuliner dan makanan khas, terima kasih.

0
Rumput Hidup Bingung mau travelling kemana? bareng mimin aja yuk...

Makanan Khas Ciamis

Rumput Hidup
4 min read

Makanan Khas Blora

Rumput Hidup
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau pesan travel? whatsapp