Rumput Hidup Bingung mau travelling kemana? bareng mimin aja yuk...

Makanan Khas Kupang

2 min read

Makanan Khas Kupang

Makanan Khas Kupang – Kupang merupakan kotamadya dan juga Ibu Kota dari Provinsi NTT Nusa Tenggara Timur.

Kotamadya ini merupakan kota terbesar yang berada di Pulau Timor yang berada di pesisir Teluk Kupang bagian barat laut Pulau Timor.

Kota Kupang juga dipenuhi oleh berbagai suku, seperti suku Timor, Rote, Sabu, Tionghoa, Flores dan juga sebagian kecil suku pendatang dari Bugis dan juga Jawa.

Kupang memiliki luas wilayah 180,27 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 423.800 jiwa pada tahun 2018, daerah ini juga terbagi menjadi 6 kecamatan dan 51 kelurahan.

Selain terkenal dengan objek wisata alamnya yang indah, kota Kupang juga menyimpan banyak sekali wisata kuliner yang harus sobat ketahui, beberapa makanan khas Kupang bahkan menjadi salah satu menu favorit para pecinta kuliner.

Nah untuk mengetahuinya, berikut ini rumputhidup telah merangkumnya menjadi 7 makanan khas kupang:

Jagung Titi Kupang

jagung titi Kupang, makanan khas kupang

Jagung titi adalah makanan khas Kupang yang terbuat dari olahan jagung yang memiliki cita rasa yang renyah.

Cemilan ini mirip dengan cornflakes yang bahan utamanya juga terbuat dari jagung.

Jagung titi dimasuk dengan cara digoreng tanpa menggunakan minyak goreng, kemudian jagung tersebut akan di tumbuk hingga berbentuk pipih. Biasanya masyarakat Kupang menyajikan cemilan ini untuk menyambut tamu yang datang kerumah mereka.

Ubi Nuabosi

Ubi Nuabosi

Ubi nuabosi adalah makanan khas Kupang yang kedua, makanan ini biasanya dijadikan sebagai makanan pengganti nasi oleh masyarakat Kupang, karena ubi ini memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi.

Ubi ini memiliki tekstur yang lebih lembut dan manis, serta memiliki aroma khas yang lebih harum dibandingkan ubi pada umumnya.

Biasanya ubi nuabosi ini disajikan dan dinikmati bersama dengan ikan asin yang dicampur dengan sambel goreng, sehingga memiliki cita rasa yang khas dan unik.

Jagung Bose Kupang

Jagung Bose Kupang, makanan khas kupang

Selain ubi nuabosi, jagung bose termasuk salah satu makanan khas Kupang yang menjadi makanan pokok pengganti nasi. Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari jagung putih yang dimasak dengan kacang merah dan juga campuran santan.

Jagung bose memiliki tekstur yang lunak serta cita rasanya yang gurih. Biasanya jagung ini dinikmati dengan tumis paria, ikan tuna goreng dan juga sambal lu’at.

Yuk cobain juga makanan khas Flores yang nggak kalah nikmatnya

Kolo

Kolo Kupang

Kolo merupakan makanan khas Kupang yang terbuat dari bahan utama olahan beras yang dimasak dengan menggunakan bantuan batang bambu. Makanan ini juga biasa disebut dengan nasi bambu ataupun nasi bakar.

Disebut demikian karena dalam proses memasaknya, nasi tersebut akan dimasukkan kedalam bambu lalu dimasak dengan cara dibakar. Selain itu, biasanya nasi ini dihidangkan diacara makanan bersama ketika syukuran menyambut musim panen.

Kolo ini juga mirip sekali dengan ketupat, serta dapat dinikmati dengan aneka lauk makanan seperti daging ayam hingga daging babi.

Se’i Kupang

Sei Kupang, makanan khas kupang

Se’i merupakan makanan khas Kupang yang cukup populer dikalangan masyarakatnya. Makanan ini terbuat dari daging sapi, babi ataupun daging ikan yang berbentuk irisan tipis memanjang.

Pada umumnya makanan ini dimasak dengan cara diasap, sehingga memiliki cita rasa yang cukup unik dan khas, oleh sebab itulah makanan ini mnejadi salah satu makanan yang cukup digemari.

Kue Jawada

Kue Jawada

Jawada merupakan salah satu cemilan khas Kupang yang nggak kalah enak dengan makanan yang lainnya. Biasanya jawada disajikan ketika terdapat upacara adat.

Bentuk jawada cukup unik, yakni mirip sekali dengan rambut. Jawada memiliki cita rasa yang khas dengan perpaduan dari olahan tepung, gula merah, santen dan juga air nira yang digoreng, sehingga olahan dari semua bahan tersebut menghasilkan cemilan khas yang renyah dan gurih.

Kena Kita

kena kita, makanan khas kupang

Makanan khas Kupang yang ke tujuh adalah kena kita. Makanan ini berupa bubur yang terbuat dari olahan ubi dan juga kacang.

Pada umumnya makanan ini disajikan dengan parutan kelapa dengan tambahan cabe rawit. Sehingga memiliki cita rasa gurih campur pedas yang sangat unik saat dinikmati.

Itulah ke 7 kuliner khas Kupang yang dapat rumputhidup share untuk sobat semua. Semoga bermanfaat.

Jangan bosan-bosan untuk selalu membaca artikel makanan khas di rumput hidup ya, nantikan makanan khas selanjutnya yang juga nggak kalah menggoda dari kuliner khas Kupang ini. Terima Kasih.

Rumput Hidup Bingung mau travelling kemana? bareng mimin aja yuk...

Makanan Khas Magetan

Rumput Hidup
4 min read

Makanan Khas Depok

Rumput Hidup
2 min read

Makanan Khas Brebes

Rumput Hidup
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *