Rumput Hidup Bingung mau travelling kemana? bareng mimin aja yuk...

Makanan Khas Magetan

4 min read

Makanan Khas Magetan

Makanan Khas Magetan – Kota Magetan merupakan kota yang asri yang berada di dekat Gunung Lawu.

Suasanya yang asri dan tentram membuat siapa saja yang datang pasti pengen balik main lagi di kota ini. Saat saya berada di Magetan Kota rasanya seperti berada di Kota Batu.

Hanya saja disini suasananya lebih tenang, dan tidak terlalu ramai seperti di Kota Batu, biarpun demikan ke dua kota tersebut adalah tempat favorit saya.

Selain terkenal dengan suasananya yang adem dan tentram, di kota Magetan juga terdapat banyak sekali tempat-tempat yang menyediakan aneka kuliner khas seperti yang ada di kota lainnya.

Rasa dan kelezatannyapun nggak kalah dengan kuliner yang ada di kota lainnya. Lalu apa sajakah makanan khas yang ada di Kota Magetan?

Berikut ini adalah beberapa daftar makanan khas Kota Magetan yang enak dan juga populer dikalangan pecinta kuliner :

Bakso Granat Khas Magetan

Bakso Granat Magetan

Terdengar dari namanya bakso ini memang tidak biasa, karena bakso ini memiliki ukuran jumbo. Saat dituangkan bakso ini akan memenuhi seisi mangkok.

Persis seperti bakso klenger yang biasa saya makan saat berada di magetan. Untuk mencicipi bakso granat di Magetan cukup mudah, karena saat ini bakso granat dapat dengan mudah sobat jumpai karena sudah memiliki beberapa cabang.

Bakso Klenger Khas Magetan

Bakso Klenger Gorang Gareng

Salah satu bakso yang paling saya sukai saat dimagetan adalah bakso klenger. Bakso ini berada di daerah gorang-goreng, persis setelah Geprek Assalam.

Ada beberapa pilihan bakso ditempat ini, salah satunya adalah bakso klenger yang menjadi favorit saya, bakso mie ayam, bakso biasa dan lainnya.

Baca juga makanan khas Depok yang enak dan lezat

Ayam Geprek Khas Magetan

Ayam Geprek Assalam Gorang Gareng Magetan

Ada banyak sekali tempat yang menyediakan kuliner yang lezat ini. Salah satu yang pernah saya cobain adalah Geprek Assalam dan satunya saya lupa.

Kedua tempat makan yang menyediakan ayam geprek ini berada di gorang-gareng. Di Assalam sendiri selain ayamnya yang lezat, kita juga dapat menikmati minuman teh sepuasnya, jadi nggak usah khawatir haus deh.

Sedangkan untuk tempat makan yang menyediakan ayam geprek yang satunya berada di utara perempatan gorang-gareng (lampu merah).

Tempatnya memang tidak seistimewa di Assalam, namun saya paling suka disini, karena kita bebas nambah nasi, dan ayamnya juga gede banget. Ditempat tersebut harganya juga terjangkau

Ayam Panggang Bu Setu Gandu

Ayam Panggang Bu Setu Gandu

Ayam panggang Bu Setu Gandu merupakan makanan khas Magetan yang cukup populer dikalangan masyarakat Magetan dan juga para pecinta kuliner.

Tidak jarang tempat ini menjadi salah satu pilihan tempat singgah para pejabat dan menteri untuk menikmati kelezatan ayam panggang gandu.

Sebenarnya ada banyak sekali penjual ayam panggang gandu di kota Magetan ini, tepatnya di desa Gandu, Kecamatan Karangrejo, disini merupakan salah satu tempat yang cukup terkenal dari olahan daging ayamnya.

Ditempat ini hampir setiap hari dipenuhi oleh pelanggan yang ingin menikmati kelezatan olahan ayam panggangnya, dan pada puncaknya adalah ketika memasuki bulan suci ramadhan, jika sobat nggak ngatri maka sobat tidak akan mendapatkan tempat untuk menikmatinya.

Nasi Pecel Khas Magetan

Nasi Pecel Magetan

Nasi pecel adalah makanan tiap pagi yang saya nikmati saat berada di Pondok Pesantren Sintesa Badrussalam Magetan. Meskipun dari pondok sudah disiapkan makan pagi, siang dan sore setiap harinya rasanya nggak lengkap kalau nggak menikmati nasi pecel.

Ada banyak sekali spot dimana saya menikmati nasi pecel ini, tentunya yang berada di daerah pondok saya tersebut.

Nah buat sobat yang sedang belajar di Pondok Sintesa saat ini, tapi belum tau spot-spot tempat makan nasi pecel dan bakso didaerah pondok, berarti kalian kurang jauh mainnya wkwk.

Selain nasi pecel dan bakso, biasanya teman-teman waktu di pondok dulu suka sekali menikmati ayam geprek, bakso salju, tepo tahu dan bubur yang ada di daerah jaranan deket Sintesa Putri dan Highschool.

Tepo Tahu Khas Magetan

tepo tahu khas Magetan

Nah seperti yang sudah saya sebutkan barusan, tepo tahu adalah salah satu makanan khas Magetan yang menjadi makanan favorit temen-temen di Sintesa.

Saya pernah diajak nyobain makanan khas ini saat malam hari ketika hujan gerimis. Dengan harganya yang cukup murah namun sajian tepo tahunya yang sangat banyak membuat saya nggak kuat ngehabisin seporsinya.

Kebetulan waktu itu saya bersama dengan beberapa teman-teman, dan hanya saya yang paling kurus, jadi pesennya pada porsi jumbo semua.

Tepo tahu sendiri merupakan makanan yang terdiri dari lontong dan tahu yang dicampur dengan sayur toge, bayam, kangkung kubis dan sayuran lainnya.

Selain sayuran dan tahu, biasanya pada sajiannya terdapat irisan tempe. Biasanya tepo dilengkapi dengan sayur sambal namun ada pula yang dibumbui dengan sambel pecel.

Biasanya juga dilengkapi dengan kecap dan kerupuk sehingga rasanya lebih gurih dan lebih enak dinikmati.

Sempolan Khas Magetan

Sempolan Khas Magetan

Memang di gorang-gareng sobat dapat menemukan apa saja dah pokoknya. Bukan hanya ayam geprek dan bakso saja disani, namun sempola khas Magetan dapat sobat temukan disini.

Sempolan merupakan cemilan khas di Magetan yang terbuat dari bahan tepung terigu dan tepung kanji yang diolah menjadi adonan kemudian ditambahkan bumbu rempah, garam dan cabai.

Cemilan ini cocok banget dimakan bersama-sama dengan teman dan sahabat-sahabat sobat ketika santai.

Sate Kelinci Sarangan

Sate Kelinci Sarangan, makanan khas Magetan

Salah satu makanan khas yang unik di Magetan adalah sate kelinci. Di Magetan sate kelinci disajikan dengan lontong dan bumbu pecel yang menambah kelezatan sate kelinci ini.

Biasanya bumbu pecel tersebut ditambah dengan kecap untuk menambahkan cita rasa gurih pada sate kelinci tersebut. Biasanya sate kelinci ini dijual di tempat-tempat wisata dan penjual keliling yang ada di Magetan.

Ayam Tulang Lunak Pringgodani

Ayam Tulang Lunak Pringgodani, makanan khas Magetan

Sesuai dengan namanya, sobat dapat menemukan kuliner ayam tulang lunak ini di rumah makan pringgodani. Biasanya makanan ini dimakan langsung bersama dengan tulangnya.

Rumah makan pringgodani memiliki suasana yang asri dan juga sejuk, serta berbentuk seperti gazebo dan lesehan. Selain menyediakan ayam tulang lunak warung makan pringgodani juga menyediakan menu lainnya seperti ayam penyet, iga bakar, bebek keremes dan minuman seger yang cocok menemai hidangan makanan sobat.

Warung makan pringgodani berada di sebelah barat alun-alun kota Magetan, tepatnya 200 meter dari jembatan gandong (Jl. Manggis No 67 Magetan). Sobat bisa kesana untuk menikmati seporsi ayam tulang lunak yang enak dan lezat.

Baca juga makanan khas Ngawi yang nggak kalah nikmatnya

Bubur Sum-Sum Khas Magetan

bubur sumsum Magetan

Bubur sum-sum merupakan makanan khas Magetan yang berwarna putih dan memiliki tekstur yang lembut terbuat dari bahan dasar tepung beras. Basanya bubur ini disajikan bersama dengan kuah manis yang terbuat dari gula merah.

Biasanya bubur ini dapat dijumpai diacara hajatan yang dilakukan oleh masyarakat Magetan. Biasanya bubur ini juga dijual di tempat makan yang ada di daerah desa-desa.

Roti Bolu Oleh-Oleh Khas Magetan

Roti Bolu Khas Magetan

Roti bolu merupakan cemilan tradisional khas Magetan yang berbentuk bundar namun sedikit lonjong. Roti bolu memiliki tekstur yang empuk dan sangat enak jika dinikmati bersama dengan teh maupun kopi.

Biasanya makanan ini dapat dengan mudah sobat jumpai di warung-warung atau di toko oleh-oleh yang ada di Magetan.

Ketika sobat berkunjung di kota Magetan, jangan lewatkan roti bolu ini untuk sobat bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk orang-orang tercinta dirumah.

Gethuk Lindri Oleh-Oleh Khas Magetan

Gethuk Lindri Jajan Magetan

Gethuk merupakan makanan tradisional yang memiliki cita rasa yang enak. Di kota Magetan sobat dapat menjumpai jajanan ini, salah satu produsen gethuk terkenal di Magetan adalah Gethuk Diana.

Biasanya makanan ini dihidangkan pada acara hajatan pernikahan, ulang tahun dan acara seminar lainnya.

Untuk mendapatkannya, sobat bisa datang langsung ke alamat berikut : Rumah Makan Gethuk Diana, Jl. Timor, Magetan.

Ayam Kukus dan Gurame Manis

Ayam Kukus dan Gurame Manis, makanan khas Magetan

Ayam kukus dan gurame manis merupakan salah satu menu yang terdapat di rumah makan Pawon Sewu. Tepatnya berada di Jl. Raya Sarangan No. 25, Sidorejo, Kecamatan Plaosan, Magetan.

Selain ayam kukus dan gurame manis disini juga terdapat beberapa menu lainnya seperti iga bakar, udang pedas dan menu lainnya tersedia disini.

Disini suasananya juga mampu memberikan kesan terbaik buat sobat. Karena lokasinya cukup luas dan terletak diantara ladang sawah yang hijau nan sejuk.

Dijamin puas deh, kalau sobat menikmati hidangan kuliner disini..

Akhir Kata

Itulah beberapa daftar makanan khas Magetan yang dapat sobat cobain kelezatannya. Jangan sampai kelewatan info kuliner lainnya ya sobt.. Hanya di RumputHidup.com.

Rumput Hidup Bingung mau travelling kemana? bareng mimin aja yuk...

Makanan Khas Depok

Rumput Hidup
2 min read

Makanan Khas Brebes

Rumput Hidup
3 min read

Makanan Khas Kupang

Rumput Hidup
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *