M Reza Ichsani Si gondrong perindu sunyi..

Tiket Masuk Tangkuban Perahu

1 min read

tiket masuk tangkuban parahu

Tiket Masuk Tangkuban Perahu – Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu Gunung aktif yang berada di Provinsi Jawa Barat – Indonesia.

20km menuju arah utara Kota Bandung, kita akan menjumpai rimbunnya pohon pinus serta hijaunya pemandangan hamparan kebun teh yang ada di sekitarnya.

Gunung Tangkuban Perahu sendiri memiliki ketinggian 2.084 meter. Gunung ini memiliki bentuk Stratovulcano dengan pusat erupsinya yang berpindah dari timur ke bagian barat.

Ketika gunung ini meletus, jenis material yang dikeluarkannya adalah batuan, lava dan sulvur. Daerah gunung Tangkuban Perahu ini dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu di daerah gunung ini rata-ratanya adalah 17 derajat celcius saat siang hari dan pada malam hari dapat mencapai hingga 2 derajat celcius saja. Sumber : Wikipedia

Nah bagi sobat yang bingung mau liburan akhir tahun kemana, mungkin sobat bisa mencoba menikmati keindahan alam di Gunung Tangkuban perahu ini. Tiket masuk Tangkuban Perahu juga terbilang sangat terjangkau, berikut adalah tabel harga untuk masuk kawasan Gunung Tangkuban Perahu.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Hari Biasa:

KeteranganHarga TIket Masuk
Pengunjung NusantaraRp. 22k Per Orang
Pengunjung MancanegaraRp. 201k Per Orang
Kendaraan Roda 2 / MotorRp. 13k
Kendaraan Roda 4 / MobilRp. 25k
Kendaraan Roda 6 / BusRp. 111k
SepedaRp. 7k

Harga Tiket Hari Libur:

KeteranganHarga Tiket Masuk
Pengunjung NusantaraRp. 31k Per Orang
Pengunjung MancanegaraRp. 301k Per Orang
Kendaraan Roda 2 / MotorRp. 18k
Kendaraan Roda 4 / MobilRp. 36k
Kendaraan Roda 6 / BusRp. 151k
SepedaRp. 11k

Sejarah Terbentuknya Gunung Tangkuban Perahu

Diperkirakan Gunung ini terbentuk sekitar 90.000 tahun yang lalu di Kaldera Sunda. Menurut T. Bachtiar dan Dewi Syafriani didalam bukunya yang berjudul Bandung Purba, gunung ini lebih muda usianya dibandingkan Gunung Burangrang yang berada tepat bagian sisi barat Gunung Tangkuban Perahu.

Gunung Burangrang sendiri terbentuk sekitar 210.000 tahun yang lalu. Sejarah terbentuknya Gunung Tangkuban Perahu menurut T. Bachtiar ialah setelah terbentuknya Sesar Lembang.

Saat Gunung Tangkuban Perahu meletus, sebagian dari material yang dimuntahkannya mengalir ke bagian selatan dan tertahan di kakai patahan.

Menurut catatan sejarah, aktivitas yang terjadi di Gunung Tangkuban Perahu telah membentuk setidaknya 13 titik kawah. Dalah 3 kawah diantaranya merupakan kawah yang populer dan merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak di incar, ke tiga kawah tersebut diantaranya adalah:

  1. Kawah Ratu
  2. Kawah Upas
  3. Kawah Domas

Dan 13 kawah lengkapnya adalah sebagai berikut:

  1. Kawah Upas Termuda
  2. Kawah Upas Muda
  3. Kawah Upas Tua
  4. Kawah Ratu
  5. Kawah Ratu Muda
  6. Kawah Ratu Tua
  7. Kawah Baru
  8. Kawah Pangguyanganbadak
  9. Kawah Badak
  10. Kawah Ecoma
  11. Kawah Jurig
  12. Kawah Siluman
  13. Kawah Domas

Gunung ini telah meletus beberapa kali. Salah satu orang pertama yang mencatat letusan gunung ini adalah seorang Botanis sekaligus seorang biologis yang bernama Franz Wilhelm Junghuhn.

Berdasarkan catatan yang dibuat olehnya pada tahun 1853, catatan pertama mengenai terjadinya letusan gunung ini terjadi pada tahun 1829, dan tidak ada data tentang letusan yang terjadi sebelumnya.

Menurut T. Bachtiar, masa istirahat antara letusan yang terjadi di Gunung Tangkuban Perahu adalah berlangsung antara 30 hingga 70 tahun.

Pada tahun 2005 Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana telah membuat peta lokasi mengenai kawasan yang rawan akan bencana dari letusan Gunung Tangkuban Parahu.

Daerah daerah tersebut terbagi dalam 3 kategori. Yakni yang pertama yaitu lokasi yang berada pada radius 1 hingga 5 km dari letusan, yang kedua adalah daerah yang berpotensi terkena terjangan lahar dan juga abu lontarah batu pijar dan juga lembah yang berpotensi terkena lahar, lembah tersebut diantaranya adalah: Ciasem, Cimuji, Cikole, Cibogo, Cikapundung, Cihideung, Cibeureum dan juga Cimahi.

Nah jadi bagi sobat yang sedang berliburan di Gunung Tangkuban Parahu, diharap bisa berhati-hati dan selalu mentaati peraturan yang ada, demi menjaga keselamatan sobat semua. Jangan lupa baca juga cerita pendakian Gunung Selamet.

Mungkin itu saja info mengenai harga tiket masuk Tangkuban Parahu serta beberapa info mengenai sejarah Gunung Tangkuban Parahu, semoga bermanfaat.

0
M Reza Ichsani Si gondrong perindu sunyi..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *